Asyiknya Mendisplay Bag. I

Rina Fatimah
Trainer Makmal Pendidikan LPI DD Republika

Lingkungan belajar memiliki peranan penting dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang guru di Natar menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi dan motivasi belajar siswa. Lingkungan belajar erat kaitannya dengan lingkungan fisik (suhu, udara, kebersihan, sirkulasi udara, dll), pengaturan ruangan, pengelolaan dan pemanfaatn sumber belajar. Oleh sebab itu, lingkungan belajar perlu ditata kembali.
Salah satu penataan kembali lingkungan belajar untuk siswa yakni dengan menata kembali pajangan hasil karya siswa. Pajangan hasil karya siswa biasa disebut dengan Dipslay. Display didefinisikan sebagai wadah atau tempat untuk memberikan informasi penting yang dapat menunjang pembelajaran di kelas. Seorang praktisi pendidikan di Amerika mengemukakan “Classroom displays help to make your classroom a stimulating and motivating environment in which to learn”. Para siswa ingin sekali memiliki sesuatu yang dapat dilihat pada dinding di sekitarnya. Melalui papan informasi mereka dapat belajar, menemukan sebuah informasi, terinspirasi, dan menambah perasaan nyaman di dalam kelas. Ada beberapa alasan mengapa guru perlu mendisplay ruang kelasnya:
a. Adanya display akan membuat kelas lebih menarik dan mampu menstimulasi siswa baik secara langsung atau tidak langsung untuk belajar.
b. Display material seperti alphabet, anatomical model, garis bilangan merupakan alat bantu pembelajaran supaya pembelajaran lebih efektif.
c. Display merupakan salah satu sumber informasi pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa sehingga membantu siswa untuk mengingatnya contoh rumus-rumus bangunan, tabel perkalian dll
Pekerjaan membuat display membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi pekerjaan administrasi guru cukup banyak sehingga membuat display bukan merupakan pekerjaan penting yang harus segera diselesaikan. Seandaipun ada waktu luang, hasil karya anak langsung ditempelkan ke dinding kelas atau digantung langsung di atas langit-langit kelas. Hasilnya pun jadi kurang menarik. Oleh sebab itu, dibutuhkan alat bantu untuk memudahkan guru-guru dalam membuat display yakni lembar perencanaan display. Secara umum ada tiga tahapan mendisplay yakni: membuat perencanaan display, membuat display, dan memajangkan hasil karya siswa. Bagian satu dari tulisan ini akan membahas bagaimana membuat perencanaan display
Perencanaan Display
Agar hasil display menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, dibutuhkan perencanaan yang matang. Namun, sayangnya kebanyakan guru tidak menuliskan perencanaan tersebut secara sistematis. Oleh sebab itu, saya mengenalkan lembar perencanaan display sebagai alat bantú guru untuk menghasilkan display yang tidak hanya menarik tetapi juga tepat sasaran (sesuai dengan pembelajaran). Lembar perencanaan display berisikan:
1. Identity
Guru terlebih dahulu menuliskan mata pelajaran yang akan didisplaykan, tanggal pembuatan display, dan semester.
2. Essays (Uraian Singkat)
Guru menuliskan secara singkat Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang dicapai dengan menggunakan bahasa yang ringan dan jelas. Hindari penggunaan bahasa kurikulum yang terkesan kaku.
3. Materials (Peralatan dan Perlengkapan)
Guru menuliskan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan selama proses pembuatan display.
4. What To Do (Apa yang harus dilakukan)
Guru menuliskan tahapan kerja mulai dari persiapan hingga penyelesaian display. Pada kolom ini guru juga menuliskan tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa selama proses pembuatan display.
5. Tittle (Judul)
Guru menuliskan judul display.
6. Picture (Gambar)
Guru menggambarkan sketsa tampilan hasil karya siswa yang akan dipajangkan. Jika display sudah terpasang, jangan lupa untuk difoto kemudian dicetak lalu ditempelkan di kolom picture. Apakah sketsa yang dibuat sudah sesuai dengan hasil akhirnya?

Contoh Lembar Perencanaan Display
Tanggal :
Mata Pelajaran :
Kelas :
Semester :
Essays (Uraian)

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Materials (Peralatan dan Perlengkapan yang digunakan)
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
What To Do (Tahapan Kerja)

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Sketsa

Selamat mencoba, tunggu tulisan tahapan mendisplay berikutnya: Membuat display.