BANTUL (KR) 19/9 – Hasil workshop sekolah dan dewan komite sekolah SDN Pacar dan MI Giriloyo mengenai ‘Membangun Budaya Sekolah Unggul’ dan pengembangan model pembelajaran 7S2Q (Seven Steps Two Quality) yang berlangsung pada tanggal 4-5 Juni 2007 lalu, di SDN Pacar, menghasilkan action plan program sekolah. Makmal Pendidikan LPI Dompet Dhuafa melakukan penguatan kembali dalam implementasi program sekolah yang mengarah pada budaya sekolah yang memiliki keunggulan berbasis lokal tersebut,

Pada tanggal 7-8 September 2007 tim Makmal Pendidikan LPI Dompet Dhuafa, yaitu Yanti Herlanti, MPd dan Evi Afifah Hurriyati, MSi melakukan kegiatan penguatan kembali budaya sekolah unggul dengan titik tekan pada membangun dan memperkokoh visi sekolah. MI Giriloyo yang terletak di kampung batik mengokohkan sebagai Madrasah berbasis Seni Batik. Sedangkan SDN Pacar mencanangkan diri sebagai sekolah berbasis ICT ‘Open Source’.

Untuk memperkuat visi ini, sekolah tidak dapat berjalan sendiri. Perlu kerjasama yang sinergis dengan masyarakat. Untuk itulah pada acara kali ini, komite sekolah, guru, dan kepala sekolah kembali duduk bersama untuk lebih mengkristalkan dan menajamkan visi sekolah.

Yanti Herlanti menuturkan, keterlebitan masyarakat terhadap program sekolah seperti ini diharapkan menimbulkan sense of belonging atau rasa kepemilikan yang tinggi terhadap sekolah. Sehingga masyarakat menjadi garda terdepan dalam mendukung program sekolah. Masyarakat di sekitar sekolah dalam hal ini diwakili oleh para komite sekolah.

Evi menambahkan, Komite sekolah dibentuk di setiap sekolah sebagai hasil dari SK Menteri Nomer 202 untuk desentralisasi. Oleh karena itu, Komite Sekolah diharapkan dapat bekerjasama dengan kepala sekolah sebagai partner untuk mengembangkan kualitas sekolah dengan menggunakan konsep manajemen berbasis sekolah dan masyarakat yang demokratis, transparan, dan akuntabel.

Dari hasil workshop di kedua sekolah tersebut para komite sekolah bertekad mendukung visi-misi dan program sekolah menuju sekolah unggul dan menjadi MI dan SD terbaik di Kabupaten Bantul, dengan keunggulan lokalnya masing-masing. (Mdk)-d.