Padang (8/7) – Kebutuhan akan pencapaian kompetensi sebagai hasil belajar, membuat para guru harus mampu mengoptimalkan segala kemampuan yang dimiliki oleh para siswa. Salah satu indikator keberhasilan dalam proses belajar tersebut adalah menjadikan setiap kegiatan di kelas sesuai dengan cara kerja otak (Brain Based Learning). Optimalisasi cara kerja otak adalah sebuah keniscayaan apabila proses belajar mengajar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan menekankan pada makna belajar itu sendiri. Dalam kerangka membekali para guru untuk memahami konsep belajar yang sesuai dengan cara kerja otak tersebut, Sekolah Islam Terpadu (SIT) Adzkia Padang menggelar training Quantum Memory. Selama 3 hari sejak tanggal 6 – 8 Juli 2007 para guru asyik melakukan berbagai aktifitas dalam kerangka mengoptimalkan potensi otak mereka, yang pada gilirannya nanti dapat di sharing kepada para siswa.

Kegiatan yang menghadirkan para trainer Makmal Pendidikan ini dibuka dengan presentasi tentang Incredible Brain dan teori 3 bagian otak oleh Asep Syafa’at, para guru diajak memahami serta mendiskusi tentang bagian-bagian otak serta fungsinya yang kemudian dikaitkan dengan bagaimana ketiga bagian otak tersebut bereaksi dengan aktifitas belajar. Para peserta juga melakukan pemetaan pikiran dengan berbagai cara dan tahapan. Di akhiri dengan materi Quantum Memory oleh Mr.Heri, peserta semakin dimanjakan dengan meningkatnya kemampuan mengingat melalui berbagai cara.

Kegiatan yang diselenggarakan di Kawasan Pendidikan Adzkia di Jalan Taratak Paneh, Padang ini diikuti oleh 35 peserta. “Kami bertekad meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai kegiatan training-training seperti ini, karena sekolah kami berlangsung dari pagi hingga menjelang sore, maka skill guru harus ditingkatkan terus agar para siswa tetap merasa nyaman dalam melaksanakan KBM di kelas,” ungkap koordinator acara, Yudi Satriawan di sela-sela kegiatan. (MP-1)